oleh

Part 1- Tongata Jungle Pemuda Kreatif, bertindak untuk kemajuan Negeri

Nur Cherly Darnadi.

Kisah seorang pemuda dan ide gilanya !!
Apa yang akan di ubah !!!! Apa yang bisa dilakukan, terlihat tak mungkin membuat perubahan didalam hutan sana …

Ini adalah hutan berada di wilayah kabupaten Halmahera Timur tepatnya di desa buli karya kecamatan Maba sebuah tempat yang di aliri sungai kecil bercabang dipenuhi batu-batu besar yang menutupi mata-mata air dan pepohonan menyelimuti tempatnya berada diantara bukit dan gunung yang menjulang tinggi, tidak ada yang terlalu istimewa disana mungkin indah ketika melihat jajaran gunung, tapi terlihat tak mungkin untuk mengubah sekelilingnya.

Ya benar jika seorang pemuda di zaman era modern diberi tempat yang berada di antara lembah berbukit dan berbatu, apa yang akan di perbuat !!!!!! Pasti akan meninggalkan tempat itu dan pergi mencari sesuatu yang lebih baik

Tapi tidak dengan salah seorang pemuda yang memiliki ide konyol yang hasilnya mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar dan membuat gebrakan baru didunia parawisata

Tongata Jungle_ sebuah destinasi wisata yang memanfaatkan keindahan alam sang Pencipta berpadu dengan sentuhan kreativitas pemuda menghasilkan sebuah kreasi yang unik.

Sebelum menjadi seperti sekarang ini (Tongata Jungle) merupakan hutan biasa, tapi melalui tangan pemuda lulusan salah satu universitas di jogjakarta ini Yusril Umar sapaannya membuat tercengang dengan hasil kreativitas yang memanfaatkan alam didesanya bermodal alat seadanya, dan sentuhan imajinasi ia berhasil merubah hutan menjadi destinasi berkelas yang mendatangkan ribuan pengunjung dalam kurung waktu 7 bulan dan mensejahterakan masyarakat sekitar.

Tongata Jungle adalah bukti salah satu kisah pemuda yang bertindak,bekerja dan berusaha untuk kemajuan Negerinya dan bukan berteriak tanpa melakukan perubahan.

Jika tidakanmu membuat perubahan,menginspirasi orang lain, membawa dampak berteriak pun kau akan di banggakan tanpa harus bekerja keras dan sebaliknya kau berteriak tanpa kau membuat dampak sama seperti garam yang kembali di lempar ke air laut.

Seiring dengan perkembangan jaman peran pemuda/pemudi dibutuhkan untuk kemajuan bangsa, bukan hanya dipersiapkan sebagai pengganti para pemimpin yang sudah lanjut usia tapi peran pemuda lebih besar saat ini untuk memajukan bangsa dalam era modern.

Seperti kita lihat banyak bangsa dunia memiliki generasi muda yang menjadi promotor untuk perekonomian daerah bisa kita ambil contoh di atas Yusril Umar bagaimana dia bisa menjadi salah satu pemuda yang sukses dengan ide kreativitas mendongkrak ekonomi daerahnya dengan ide wisata

Usahanya untuk membuat perubahan dan membantu perekonomian daerahnya bukan sesuatu yang mudah dicapai jika tidak diimbangi dengan The Power Of Spirit yang menjadi dasar, banyak halangan dan rintangan yang menghampiri dalam perjalanannya. “ So “ What can You Do ?

hai generasi muda !! Bung karno mengatakan “ Beri aku sepuluh pemuda maka akan kuguncang dunia “ yang menegaskan bahwa betapa pentingnya peran generasi muda bagi bangsa atau negara. Dari beberapa uraian tersebut maka dapat dipahami menjadi pemuda yang produktif merupakan keuntungan dan kebutuhan bagi sebuah bangsa dan daerah dimana ia memijakkan kakinya.

Keberhasilan bagi suatu daerah dapat dilihat dari kualitas pemudanya, para pemuda mempunyai peran yang besar bagi setiap perubahan-perubahan yang terjadi dilingkungan masyarakat, terlebih lagi “mahasiswa” yang disebut sebagai “agent of change”. Sesuai sebutannya yaitu sebagai agen perubahan mahasiswa harus berpeperan aktif dalam membantu membangun bangsa ini, banyak hal positif yang dapat dilakukan seperti menghasilkan karya ilmiah, kreativitas, memanfaatkan alam yang dapat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat, dan daerah

Pemuda produktif tidak dapat dilakukan tanpa adanya spirit besar yang membangun, maka dari itu mari kepada seluruh pemuda kita bangun dari tidur kita, kita bangun dari sifat kemalasan kita ,agar kita dapat memberi kontribusi yang nyata bagi bangsa ini, bangsa ini butuh kalian hai para pemuda untuk bertindak (bekerja) bukan hanya untuk bersuara tanpa gerakan,jadilah pemuda yang berdiri tegak membuat inovasi, menciptakan kesejahteraan dari yang terkecil dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

Bekerjalah, bertindak, berusaha karena sebuah komitmen disertai niat tidak akan mengkhianati hasil
Pemuda hebat adalah dia yang mengerti aturan, mampu menciptakan perubahan, dan membawa dampak.

Salam pemuda

To be continued

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed